Berita

    Kenali Ciri Oli Gardan Mobil Perlu Diganti

    Sama halnya seperti oli mesin, oli gardan mobil juga memiliki usia pakai. Artinya, Anda harus segera menggantinya jika pelumas tersebut sudah tidak layak lagi digunakan. Karena jika tidak segera diganti, maka ada beberapa komponen yang akan cepat rusak.

    Pelumas gardan ini berfungsi untuk melumasi bagian transmisi otomatis pada mobil. Saat terjadi gesekan, pelumas tersebut akan menjaganya agar tidak cepat rusak.

    Ciri-Ciri Oli Gardan Mobil Harus Segera Diganti

    Sama seperti oli mesin, pelumas untuk gardan ini juga harus Anda ganti secara berkala. Namun biasanya pelumas ini memiliki durasi yang sedikit lebih panjang dibandingkan dengan oli mesin.

    Berikut adalah ciri-ciri oli gardan mobil harus segera diganti dengan pelumas yang baru.

            1. Adanya Getaran Kencang pada Mobil

    Pelumas untuk gardan yang tidak diganti terlalu lama akan menyebabkan getaran pada mobil. Jika timbul permasalahan ini, bisa saja Anda belum mengganti pelumas untuk gardan dalam jangka waktu yang lama.

    Getaran akibat oli gardan yang belum diganti biasanya bisa dirasakan ketika berbelok. Selain itu, getaran juga bisa terjadi karena kecepatan mobil yang meningkat.

    Jika timbul gejala-gejala tersebut, maka sebaiknya cek kualitas pelumas gardan mobil, lalu ganti jika sudah harus diganti.

            2. Tercium Aroma Terbakar

    Pelumas yang terlalu lama dipakai biasanya akan mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Pelumas untuk gardan biasanya akan mengeluarkan aroma terbakar jika kualitas pelumasnya sudah memburuk.

    Cium aroma pelumas di bagian gearbox. Jika terasa menyengat, bisa jadi karena oli gardan tersebut terbakar karena terlalu panas. Setelah itu, gantilah dengan yang baru.

    Aroma terbakar juga bisa disebabkan oleh pelumas yang sudah kadaluarsa. Maka cium terlebih dahulu, atau pastikan oli gardan yang baru Anda beli sebelum digunakan.

            3. Mengeluarkan Suara yang Berisik pada Mobil

    Getaran yang muncul akibat pelumas gardan yang harus diganti juga biasanya mengeluarkan suara yang berisik. Suaranya biasanya sangat mengganggu, terutama pada saat mobil digunakan.

    Suaranya menyerupai dengungan yang kencang. Munculnya suara ini biasanya disebabkan karena berbagai komponen yang bergesekkan pada gardan.

    Pelumas gardan yang sudah tidak bagus akan menyebabkan gesekan komponen menjadi kasar. Kemudian biasanya akan mengeluarkan suara yang berisik dan kencang.