Berita

    Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Ketika Hujan

    Mengemudi di tengah hujan dapat membuat kaca mobil berembun. Jika embun yang timbul terlalu parah hingga menutupi permukaan kaca, kondisi ini dapat mengganggu visibilitas pengemudi saat berkendara.

    Secara lebih lanjut, terganggunya pandangan pengemudi dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi kaca mobil yang berembun saat hujan turun untuk meminimalisir risiko bahaya yang mungkin terjadi.

    Berikut Cara Mengatasi Kaca Mobil Berembun Ketika Hujan

    Secara umum, embun pada kaca mobil disebabkan oleh perbedaan suhu dan kelembaban antara dalam dan luar kendaraan. Ketika suhu udara di dalam mobil lebih tinggi daripada suhu udara di luar, kelembaban dalam mobil akan berubah menjadi uap air.

    Uap air tersebut kemudian akan menempel pada kaca dan menyebabkan embun. Itu sebabnya, kaca mobil lebih mudah berembun dalam kondisi hujan atau ketika suhu AC terlalu tinggi. Adapun alternatif cara untuk mengatasinya adalah sebagai berikut.

    • Atur Suhu AC dengan Tepat

    Pengaturan AC yang tepat sangat penting dalam menghindari embun pada kaca mobil. Jadi, pastikan suhu AC diatur sedemikian rupa sehingga tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

    Sebab jika suhu di dalam mobil terlalu tinggi dibandingkan dengan suhu luar, perbedaan suhu tersebut akan menyebabkan timbulnya embun pada kaca. Sebaiknya, atur AC pada suhu yang nyaman dan pastikan ventilasi udara mengalir dengan baik.

    • Gunakan Defogger

    Defogger merupakan salah satu fitur yang sudah tersedia pada hampir semua mobil keluaran terbaru untuk menghilangkan embun pada kaca. Biasanya, fitur defogger  terletak di panel kontrol AC.

    Setelah diaktifkan, defogger akan mengarahkan udara panas langsung ke permukaan kaca untuk membantu menghilangkan embun. Biarkan fitur defogger ini bekerja selama beberapa menit sampai embun benar-benar hilang.

    • Sedikit Membuka Jendela
    Freepik.com

    Membuka jendela dengan celah yang sedikit dapat membantu mengatur sirkulasi udara di dalam mobil. Hal ini karena udara segar dari luar akan membantu mengurangi kelembaban di dalam mobil dan mencegah terbentuknya embun.

    Namun, pastikan untuk hanya membuka celah jendela secukupnya agar air hujan tidak masuk ke dalam mobil. Sebaiknya, lakukan ini dalam kondisi hujan yang ringan atau ketika Anda berhenti di tempat yang aman.

    • Gunakan Kipas Angin