Berita

    Wajib Tahu! Kelebihan dan Kekurangan Pintu Otomatis (Automatic)

    Teknologi tidak hanya ditemui di komputer maupun smartphone, tetapi juga mulai merambah ke bidang otomotif. Anda dapat menemuinya di pemasangan pintu otomatis yang di beberapa mobil seri terbaru. 

    Nah, sebagai pengendara, wajib bagi Anda untuk mengetahui kelebihan maupun kekurangan dari automatic door ini. 

    Kelebihan dan Kekurangan Pintu Otomatis Mobil

    Automatic door yang terpasang di mobil kesayangan memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui agar dapat menjadi bahan pertimbangan ketika hendak membeli mobil. Nah, apa saja itu? Berikut adalah masing-masing penjelasannya: 

    • Kelebihan 

    Ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh automatic door mobil. Berikut adalah  poin-poinnya: 

    • Menambah Kesan Keren Serta Elegan di Kendaraan

    Pintu bertipe otomatis akan memberikan kesan yang elegan, mewah, serta keren di mata orang lain. Terlebih ketika Anda memilih jenis pintu yang sliding, butterfly, maupun swing. Orang-orang akan terkesima ketika Anda membukanya. 

    • Mudah dalam Parkir yang Dapat Menghemat Tempat

    Ketika parkir di area umum, Anda tidak perlu bingung mencari tempat yang luas untuk memberi ruang pintu terbuka. 

    Sebab, automatic door cenderung hemat tempat parkir karena bisa membuka secara menyamping maupun ke atas. Sehingga tidak memerlukan area luas untuk membuka maupun menutupnya.  

    • Lebih Aman karena Otomatis Mengunci

    Setelah pintu tertutup, pintu akan secara otomatis mengunci sehingga lebih aman dan menghindarkan Anda dari pencurian. Anda juga akan lebih tenang dan nyaman selama berkendara. 

    Automatic door lebih aman untuk Anda yang memiliki anak-anak. Selain mudah untuk akses keluar masuk mobil, pintu ini juga lebih ramah anak daripada pintu konvensional. 

    pintu otomotisFreepik.com

    • Menghemat Tenaga Untuk Menutup Maupun Membukanya

    Ketika hendak menutup maupun membuka pintu, Anda tidak perlu menggeser atau menutupnya secara manual. 

    Cukup menekan tombol di bagian pintu, maka akan tertutup atau terbuka dengan sendirinya, sehingga dapat menghemat tenaga yang dikeluarkan. 

    • Kekurangan

    Ada sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh pintu otomatis mobil. Adapun kekurangan poin-poinnya adalah sebagai berikut: 

    • Memerlukan Budget Lebih Banyak untuk Perawatannya

    Untuk menjaga agar automatic door dapat berfungsi, Anda perlu melakukan perawatan secara berkala. Nah, biaya untuk perawatan ini cenderung lebih mahal daripada pintu manual pada umumnya. 

    Mengetahui hal tersebut, maka siapkan budget lebih, ya bila ingin memiliki kendaraan dengan automatic door

    • Rentan Mengalami Kerusakan 

    Tidak seperti pintu manual yang cenderung lebih tahan lama dalam pemakaian, automatic door lebih rentan mengalami kerusakan. Misal, lintasannya mulai aus dalam beberapa tahun pemakaian dan perlu perbaikan. 

    Selain itu, bila pintu sering dibuka atau ditutup dengan bantuan tangan maupun tenaga manual, pintu juga dapat rusak. Pasalnya, tombol otomatisnya dapat tidak berfungsi sebagaimana mestinya. 

    • Cara Perawatan yang Lebih Rumit daripada Pintu Manual

    Bagi Anda yang memiliki mobil dengan automatic door, wajib melakukan perawatan secara rutin dan menjaga kebersihan lintasannya. Sebab, debu yang menumpuk dapat mengganggu lintasan dan mengakibatkan pintu macet. 

    Selain itu, Anda juga harus rajin memberikan pelumas untuk mencegah terjadinya kerusakan di bagian lintasan yang mengakibatkan pintu susah untuk dibuka maupun ditutup. 

    Jadi, itulah gambaran kelebihan maupun kekurangan dari penggunaan pintu otomatis yang ada di mobil modern saat ini. Setelah mengetahui pro dan kontranya, masihkah ingin memiliki kendaraan roda empat dengan automatic door