Berita

    Fungsi dan Cara Kerja Expansion Valve

    Setiap mobil kini pasti dilengkapi dengan air conditioner agar mobil selalu terasa sejuk dan dingin. Di dalam AC sendiri terdapat beberapa komponen yang harus dirawat salah satunya yaitu expansion valve. Komponen ini termasuk salah satu komponen penting dalam proses penyejukan. 

    Katup ekspansi adalah komponen yang terletak di dekat antara dryer dan evaporator. Komponen ini bertugas untuk menurunkan tekanan freon agar dingin sebelum dihembuskan oleh evaporator. Lalu, apa saja fungsi dan bagaimana cara kerja dari katup ekspansi? Berikut ulasannya.

    Fungsi Expansion Valve

            1. Menurunkan Tekanan Freon

    Fungsi yang pertama adalah untuk menurunkan tekanan atau mengabutkan cairan pendingin. Di dalam AC terdapat refrigerant atau cairan yang berfungsi untuk menyerap panas menjadi dingin. 

    Di sini katup ekspansi yang bertugas membantu menurunkan tekanan refrigerant panas yang berasal dari kompresor untuk memudahkan proses pendinginan di evaporator. Akibatnya freon yang semula cair berubah menjadi uap. 

            2. Mengatur Jumlah Freon

    Fungsi selanjutnya yaitu untuk mengatur banyaknya cairan pendingin yang harus dikeluarkan menuju evaporator. Jumlah freon ini dikeluarkan berdasarkan suhu pada sensor di sensing tube. 

    Semakin panas atau tinggi suhu kabin yang terdeteksi maka katup ekspansi akan terbuka lebih lebar sehingga semakin banyak freon yang dikeluarkan. Sebaliknya jika suhu yang terdeteksi rendah atau dingin maka katup akan sedikit terbuka sehingga freon yang disalurkan juga sedikit. 

            3. Menyejukkan Freon

    Fungsi katup ekspansi yang terakhir yaitu untuk mendinginkan atau menyejukkan freon. Katup ini berperan pada proses pendinginan freon sehingga udara di dalam mobil menjadi sejuk. 

    Katup ini akan mendinginkan freon hingga memiliki suhu yang sama dengan suhu yang disetel pada remot AC. 

    Cara Kerja Katup Ekspansi

    Ketika freon mengalir menuju dryer selanjutnya freon akan mengalir menuju sensing tube. Sensing tube sendiri adalah komponen yang di dalamnya terdapat sensor dan membran untuk mengukur suhu atau tekanan freon. Selanjutnya sensor akan mendeteksi tekanan/panas yang keluar dari evaporator. 

    Panas tersebut kemudian akan disalurkan menuju membran yang terletak dalam katup ekspansi. Ketika suhu panas maka membran akan membuka katup ekspansi menjadi lebar sehingga freon yang disalurkan ke evaporator semakin banyak.