Berita

    Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Pedal Gas Tersangkut

    Terdapat berbagai risiko bahaya yang dapat terjadi ketika mengemudikan mobil, salah satu yang mungkin saja menimpa adalah pedal gas yang tersangkut. Meski cukup jarang terjadi, namun hal ini dapat berbahaya dan bisa menyebabkan kecelakaan.

    Jika berada dalam kondisi tersebut, banyak orang yang langsung panik atau merasa ketakutan. Namun, hal tersebut justru berbahaya karena membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi untuk mencari solusi.

    Cara Mengatasi Pedal Gas Tersangkut

    Terdapat berbagai cara yang dapat Anda lakukan jika kendala ini terjadi, inilah hal-hal yang sebaiknya Anda lakukan dengan pikiran tenang.

    • Tetap Tenang dan Jangan Panik

    Hal yang paling penting untuk dilakukan adalah tetap tenang dan tidak panik. Jangan sampai Anda langsung kebingungan, ketakutan, dan panik.

    Jika Anda panik, konsentrasi Anda bisa jadi buyar dan pikiran pun menjadi kacau. Berbagai cara mengatasi juga bisa jadi terlupakan, ini sangat berbahaya untuk keselamatan Anda.

    Jadi, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengatur pikiran dan konsentrasi supaya tetap bisa berpikir dengan tenang.
     

    www.istockphoto.com - AntonioGuillem

     

    • Usahakan untuk Tidak Langsung Tarik Rem Tangan

    Penting untuk Anda perhatikan tentang penggunaan rem tangan yang bisa saja berbahaya untuk Anda dan pengguna jalan di sekitar Anda.

    Ketika pedal gas mobil telah tersangkut, maka laju dari mobil akan menjadi jauh lebih kencang. Secara reflek, mungkin banyak orang berpikir untuk menarik rem tangan, padahal hal ini sangat berisiko.

    Jika mobil melesat dengan kecepatan yang tinggi dan rem tangan ditarik, maka roda belakang akan terkunci. Dampaknya, mobil dapat menjadi hilang kendali. Mobil bisa saja jadi berputar dengan sangat tidak stabil dan berbahaya.

    Jika ada pengemudi kendaraan lain di sekitar Anda, maka putaran tersebut dapat mengenai mereka dan dapat menyebabkan kecelakaan.

    • Tipe Transmisi Perlu Diperhatikan

    Hal yang perlu Anda perhatikan dengan betul adalah tipe dari transmisi mobil Anda. Jika mobil menggunakan transmisi yang masih manual, maka cara mengatasi masalah ini adalah dengan menginjak pedal dari kopling.

    Mesin mobil Anda akan jadi meraung dengan tidak menyalurkan tenaga. Selanjutnya, Anda bisa menginjak bagian pedal rem dengan tetap menginjak bagian pedal kopling.