Berita

    Featured Image

    Hindari Hal Ini agar Lampu Mobil Tetap Awet

    Lampu mobil rusak jika dibiarkan saja akan mengganggu kenyamanan berkendara, bahkan bisa berbahaya pagi pengemudinya. Maka dari itu, komponen mobil satu ini wajib diperhatikan terus menerus agar fungsinya optimal.

    Ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan jika ingin lampu mobil tetap awet. Simak artikel kali ini hingga akhir untuk mengetahui apa saja yang bisa Anda lakukan!

    Hindari Lampu Mobil Rusak dengan 6 Tips Merawat Ini!

    Lampu mobil merupakan komponen paling penting dari sistem keselamatan ketika Anda berkendara. 

    Fungsinya sebagai alat untuk memberikan penglihatan yang baik saat berkendara malam hari wajib bekerja secara optimal. Maka dari itu, simak tips untuk menghindari lampu mobil mudah rusak di bawah ini!

    • Hindari Membeli Lampu Murah

    Menggunakan sparepart lampu mobil orisinal adalah cara agar lampu tidak mudah rusak. Sebaiknya, Anda tidak tergiur dengan harga lampu mobil yang murah, karena bisa saja kualitas lampu tersebut buruk.

    Jika Anda memilih bohlam lampu mobil yang murah, kemungkinan mudah rusak dan tidak awet akan lebih tinggi, karena kemampuan menahan panas dari lampu mobil yang murah tidak sebaik lampu mobil original.

    • Memilih Watt Lampu Sembarangan

    Pemilihan lampu mobil dengan watt yang tidak sesuai atau sembarangan juga bisa membuatnya tidak awet lama. Karena jika lampu mobil memiliki watt terlalu tinggi akan menghasilkan panas yang terlalu berlebih.

    Hal tersebut akan berpengaruh pada konsleting kabel lampu dan bisa membuat bagian mika lampu cepat menguning. Jika terlalu lama dibiarkan, tentu akan memengaruhi visibilitas Anda ketika mengemudi.

    • Jarang Mengecek Kondisi Seal

    Lampu mobil rusak bisa disebabkan oleh kondisi seal atau karet penutup lampu yang jarang dicek. Seal lampu mobil bisa berisiko terkena air masuk, terlebih ketika musim hujan.

    Air yang masuk pada bagian dalam mika lampu akan menyebabkan kusam dan menyebabkan kerusakan lainnya. Misalnya, kerusakan kabel atau bohlam lampu mobil Anda.

    • Tidak Memeriksa Kondisi Kabel dan Soket

    Jangan mengabaikan kondisi kabel dan soket lampu mobil jika Anda ingin lampu mobil tetap dalam kondisi awet. Sambungan kabel dan soket lampu mobil yang longgar atau rusak dapat membuat lampu mobil tidak menyala.

    Hal ini akan berbahaya bagi keamanan Anda ketika mengemudi. Maka dari itu, pastikan sambungan kabel dan soket lampu dalam kondisi baik. Caranya dengan rutin lakukan pengecekan di bengkel ataupun secara mandiri di rumah.

    • Sering Parkir Di Tempat Panas

    Sering memarkir mobil di tempat panas dapat membuat lampu mobil rusak. Terkadang, hal ini disepelekan oleh pengemudi mobil. Padahal, dampak sering memarkir mobil di tempat panas tidak hanya berpengaruh pada lampu mobil.

    Maka dari itu, hindari hal ini dan apabila Anda terpaksa harus memarkir mobil di tempat panas, disarankan untuk menggunakan cover mobil. Tujuannya, agar berbagai komponen mobil tetap terjaga dan awet.

    • Jarang Membersihkan Lampu

    Jarang membersihkan lampu bisa membuat lampu mobil cepat rusak! Jika Anda sedang membersihkan body mobil, pastikan tidak mengabaikan komponen satu ini.

    Rutin bersihkan lampu dari debu, kotoran maupun partikel lain karena jika Anda membiarkannya begitu saja, maka residu kotoran akan menumpuk. Ini akan berdampak pada pengurangan fungsi optimal lampu mobil.

    Poin-poin di atas perlu Anda pelajari dan pahami agar dapat menghindari kerusakan dan bisa membuat lampu lebih awet. Menjaga komponen lampu mobil dapat mengoptimalkan keselamatan dan kenyamanan Anda ketika mengemudi.