Berita

    Cara Mengatasi Mobil yang Tiba-tiba Terkunci Sendiri

    Anda mungkin pernah mengalami saat hendak berkendara tapi mobil terkunci sendiri dari dalam sedangkan anak kunci masih melekat di lubang kunci. Untuk cara praktisnya bisa dengan mencongkel lis karet yang melekat di kaca pintu mobil atau memecahkan kacanya. 

    Namun, sebaiknya hindari kedua cara ini karena hanya akan merugikan Anda. Sebab, masih ada cara yang mudah untuk bisa membuka pintu mobil yang terkunci tersebut, bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya. Bagaimana caranya? Ikuti informasi berikut!

    Cara Mudah Mengatasi Mobil Terkunci Sendiri

    Jangan berpikir untuk merusak komponen kendaraan ketika mendapati kunci mobil tertinggal di dalam sedangkan pintu dalam kondisi terkunci. Ada beberapa barang yang bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk membuka pintu mobil terkunci. Namun, penggunaan benda ini perlu berhati-hati dan harus diberhentikan jika keadaan makin memburuk.

    • Penggaris 

    Cara pertama agar pintu mobil yang terkunci dari dalam bisa dibuka adalah dengan memanfaatkan penggaris. Sebaiknya gunakan penggaris yang terbuat dari besi karena lebih kokoh dibandingkan penggaris yang terbuat dari plastik. 

    Adapun cara menggunakannya adalah dengan memasukkan penggaris besi tersebut ke celah antara karet dan jendela kaca mobil. Masukkan hingga menyentuh bagian panel kunci lalu geser penggaris hingga Anda merasakan panel kunci. 

    Langkah berikutnya adalah mencari bagian handle pintu yang ketika ditekan akan membuat penggaris naik/turun seperti pegas. Tekan bagian tersebut seraya menarik handle pintu. Ulangi prosesnya jika pintu mobil masih tetap terkunci. 

    • Gantungan Baju

    Jika pintu mobil terkunci sendiri saat masih berada di rumah, Anda bisa membukanya dengan bantuan gantungan baju. Cara yang kedua ini bisa digunakan pada mobil dengan sistem kunci manual. 

    Caranya adalah dengan meluruskan gantungan baju yang terbuat dari aluminium. Kemudian, buat lekukan di bagian ujungnya (seperti kail pancing) yang nantinya berfungsi sebagai pengait. 

    Masukkan kawat ke celah jendela pintu dan karet sampai pengait dari gantungan baju menyentuh tuas pengait. Setelah itu, tarik sekuat tenaga sampai pintu mobil terbuka.  

    • Tangkai Besi

    Jika mobil Anda menggunakan sistem kunci otomatis, untuk membukanya bisa dengan menggunakan tangkai besi. Sedangkan cara menggunakannya mirip dengan penggaris yaitu dimasukkan ke celah jendela sampai menyentuh panel kunci mobil. 

    • Obeng

    Cara berikutnya yang bisa dilakukan jika mobil terkunci sendiri adalah dengan menggunakan obeng. Pertama, buatlah sedikit ruang pada kunci pintu dengan menggunakan obeng mobil lalu masukkan alat pencungkil. 

    cara mengatasi mobil yang terkunciPixabay.com

    Setelah itu, dorong alat tersebut untuk menarik kunci mobil dari dalam. Namun sebaiknya gunakan dengan hati-hati karena bisa merusak eksterior dan interior mobil. 

    • Panggil Mekanik Resmi

    Menghubungi mekanik adalah cara paling aman dan tepat. Biasanya Anda bisa menghubungi bengkel dealer resmi atau bengkel langganan anda. Ini bisa menjadi solusi yang paling tepat dibandingkan beberapa rekomendasi cara di atas.