Berita

    Featured Image

    Tips dan Cara Membersihkan Mobil Bekas Banjir

    Di berbagai daerah, banjir memang rawan terjadi, atau bahkan sudah sering terjadi jika curah hujan cukup tinggi. Inilah salah satu hal yang perlu diwaspadai oleh para pemilik dan pengendara mobil, karena mobil bekas banjir perlu perawatan yang tepat.

    Bagaimana cara tepat untuk membersihkan mobil yang sudah terendam banjir? Ikuti penjelasan selengkapnya dan pastikan Anda tidak membiarkan mobil begitu saja setelah terkena banjir!

    Tips dan Cara Membersihkan Mobil Bekas Banjir

    Mobil yang terendam banjir berisiko mengalami berbagai masalah atau kerusakan. Untuk meminimalisir risiko, sebaiknya Anda segera membersihkan mobil dengan langkah yang tepat, berikut penjelasannya:

    • Pastikan Tidak Langsung Menyalakan Mesin

    Langkah penting yang pertama yakni pastikan bahwa Anda tidak langsung menyalakan mesin mobil. Hal ini dikarenakan mobil yang basah akibat banjir dapat berpotensi mengalami korsleting jika mesin dinyalakan.

    Jadi, pastikan semua ruang di mobil telah kering terlebih dahulu, barulah Anda dapat menyalakan mesin mobil.

    • Buka Mobil secara Keseluruhan

    Untuk mempercepat proses pengeringan mobil bekas banjir, Anda perlu membuka semua bagian mobil. Bukalah pintu, jendela, kap mesin, dan bagasi mobil.

    Namun, perlu dipastikan bahwa Anda membukanya ketika cuaca panas atau cerah. Jika membuka ketika hujan, justru akan membuat mobil semakin basah.

    • Tunggu Proses Pengeringan

    Setelah semua bagian dibuka, langkah selanjutnya yakni menunggu proses pengeringan. Anda bisa menunggunya sambil membersihkan berbagai bagian mobil, simak penjelasan selengkapnya pada poin-poin selanjutnya.

    • Bersihkan Karpet Mobil

    Selagi menunggu mobil kering, Anda bisa melepas karpet mobil dan membersihkannya di luar mobil. Perlu dipahami bahwa air banjir biasanya membawa banyak kotoran, mulai dari debu, tanah, daun dan ranting pohon, hingga berbagai jenis sampah.

    Gunakan sabun pembersih supaya bisa menghilangkan sisa-sisa kotoran bekas banjir tersebut. Setelah selesai, pastikan Anda menjemur karpet hingga kering. 

    Lalu, akan lebih baik jika disemprotkan disinfektan, supaya dapat lebih aman dan terbebas dari virus atau kuman.

    Namun, jika setelah dicuci pun karpet masih sangat bau dan kotor, maka ada baiknya mempertimbangkan untuk beli karpet baru.

    • Bersihkan Bagian Bawah Jok Mobil

    Biasanya, jok mobil terbuat dari bahan yang mudah menyerap air, sehingga dapat sangat kotor jika terendam banjir.

    Anda perlu membersihkannya dengan meremas pelapis dan busa jok, lalu memberinya sabun detergen. Bilas dengan air jika sudah dibersihkan, lalu keringkan di bawah panas matahari.

    Bersihkan Bagian Bawah Jok Mobil

    Selain itu, penting juga untuk membersihkan bagian bawah jok. Anda dapat menggunakan vacumm agar proses pembersihan bisa efektif.

    • Lepas dan Bersihkan Panel Pintu

    Untuk mengoptimalkan pembersihan, sebaiknya Anda lepas bagian panel pintu. Pastikan untuk melepasnya dengan hati-hati, supaya tidak ada bagian yang kehilangan fungsinya atau rusak.

    Jika sudah dilepas, maka saatnya membersihkan setiap detailnya dengan memakai air bersih dan sabun.

    • Keringkan dan Bersihkan Kabin

    Langkah yang tidak kalah pentingnya adalah mengeringkan bagian kabin. Anda bisa menggunakan lap bersih supaya menghilangkan berbagai kotoran. Penggunaan vacuum cleaner juga dapat dilakukan supaya hasilnya lebih bersih.

    • Keringkan dan Bersihkan Plafon

    Sama seperti bagian lain, plafon mobil perlu dipastikan kering. Lalu, sebaiknya jangan lupa untuk membersihkannya, terutama bagian yang terlihat sangat kotor.

    Gunakan lap bersih dan air sabun untuk membersihkan bagian yang kotor. Jika ingin lebih optimal, semprotkan juga disinfektan.

    • Bersihkan Saluran AC

    Selanjutnya, bongkar saluran AC, lalu bersihkan dengan cairan pembersih dan jangan lupa membilasnya.

    • Pasang Kembali Komponen yang Dilepas

    Jika sudah bersih, maka Anda bisa memasang kembali berbagai komponen yang tadi sempat dilepas.

    Itulah berbagai tips dan cara tepat untuk membersihkan mobil yang terendam banjir. Sebenarnya, cara di atas tidak terlalu sulit, sehingga Anda bisa melakukannya di rumah secepat mungkin.

    Namun, jika merasa ada bagian yang kurang stabil atau bahkan ada komponen yang rusak dari mobil bekas banjir, maka sebaiknya segera bawa ke bengkel Suzuki terdekat.