Berita

    Keunggulan dan Kekurangan Suspensi Udara

    Salah satu yang menentukan kenyamanan berkendara ada suspensi kendaraan. Pasalnya, komponen inilah yang berfungsi untuk meredam getaran serta guncangan saat mobil berjalan di permukaan jalan yang tidak rata.

    Seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan berkendara pun semakin bervariasi. Kondisi ini membuat pabrikan kendaraan terus mengembangkan suspense yang memang cocok untuk kendaraan-kendaraan mereka baik dari fungsi maupun kemudahan.

    Salah satu suspensi yang cukup digemari adalah air suspension. Namun suspense ini sebenarnya cukup jarang ditemukan pada mobil standard. Kebanyakan suspense ini malah digunakan oleh para modifikator mobil.

    Air suspension atau suspensi udara menggantikan per baja dengan bantalan udara yang dapat diatur tingkat kekerasannya secara fleksibel. Suspensi ini terdiri dari kompresor, tabung udara, berbagai macam selang, dan suspensinya sendiri.

    Perbedaan paling signifikan pada air suspension modern adalah sistem terkomputerisasi. Sistem ini membuat suspensi lebih akurat dan pintar menyesuaikan diri secara otomatis dengan kondisi jalan dan gaya berkendara. Tingkat peredaman maupun ketinggian kendaraan akan berubah-ubah sesuai masukan data dari ECU mesin, sensor kecepatan, sensor pergerakan bodi, sensor putaran setir, hingga sensor rem.

    Fungsi Air Suspension

    Suspensi ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan jenis suspensi lainnya. Kebanyakan modifikator memasang air suspension untuk menambah image modifikasi terutama aliran stance. Tujuan dari suspensi ini untuk memberikan kenyamanan berkendara bagi pengemudi dan penumpang karena mobil punya kemampuan auto levelling.

    Suspensi yang dapat menyesuaikan kontur jalan dan kebutuhan mobil ini pun berdampak pada handling kendaraan saat dikemudikan.

    Cara Kerja Air Suspension

    Perbedaan air suspension dengan jenis suspensi lainnya adalah menggunakan angin atau udara sebagai peredam getaran ketika kaki-kaki mengalami kontak dengan permukaan jalan. Ketika mesin hidup, kompresor udara akan menyuplai udara yang bertekanan ke dalam tabung udara. Udara tersebut masuk ke kantong udara melalui katup solenoid.

    Karena udara bersifat dikompresi, sehingga volume tabung udara akan berubah ketika mendapat beban guna menyerap guncangan pada mobil. Teknologi suspensi udara banyak digunakan lantaran menawarkan kemudahan pengaturan.

    Penggunanya tidak perlu repot-repot bongkar pasang kaki-kaki hanya untuk mengatur ground clearance mobil. Bahkan saat ini, jarak ketinggian mobil dengan permukaan tanah (ground clearance) dapat diatur hanya dengan menggunakan perangkat lunak di smartphone.

    Kelemahan Air Suspension

    Selain berbagai kelebihan yang ditawarkan, air suspension tentu memiliki kelemahan. Suspensi udara memiliki tingkat kerumitan pemasangan yang lebih tinggi karena menggabungkan cara kerja secara mekanik dan elektrik.

    Rumitnya suspensi inipun berdampak pada perawatannya. Tidak semua bengkel kendaraan bisa melakukan perawatan dan perbaikan pada air suspension. Ini tentu bisa merepotkan pemilik kendaraan dalam melakukan perawatan.

    Selain itu, harga dari Air Suspension pun terbilang cukup tinggi bila dibandingkan dengan suspensi lain. Tak heran bila banyak orang mengurungkan niatnya lagi untuk memasang air suspension pada kendaraan kesayangannya.

    Maklum saja, penggunaan air suspension sebenarnya memang tidak terlalu signifikan. Pasalnya, Suzuki telah mengembangkan suspensi yang menjawab kebutuhan masyarakat di seluruh Indonesia. Tentunya disesuaikan dengan jenis-jenis kendaraan. Hal inilah menjadi salah satu kunci kenyamanan berkendara mobil Suzuki.

    Suzuki XL7 misalnya, meski tidak menggunakan air suspension kenyamanan kendaraan tetap terjaga dengan baik. Meski dibawa dalam kecepatan tinggi, Suzuki XL7 tidak terasa goyang. Demikian juga saat menghadapi jalanan yang tidak rata, guncangan tetap terasa teredam dengan baik berkat suspensi yang digunakan.

    Nah, itulah informasi mengenai suspensi udara pada mobil yang sudah dibahas. Jika ada yang rusak, maka kinerja mobil tidak akan maksimal. Untuk itu, kalian bisa rutin melakukan servis dan pengecekan mobil di bengkel Suzuki terdekat. Kunjungi website resmi bengkel suzuki 

    https://www.suzukimargondadepok.co.id/

      sekarang juga untuk melakukan booking service dan dapatkan berbagai Promo Dealer Mobil Suzuki terbaru untuk berbagai jenis layanan purna jual yang lainnya.