Berita

    Ketahui Masalah Penyebab Adanya Bunyi Gesekan Pada Roda Depan Mobil

    Ada-ada aja masalah yang terjadi pada mobil. Seperti tiba-tiba terdengar bunyi gesekan pada roda depan mobil. Itu jadi indikasi adanya “gangguan” pada komponen mobil Anda.

    Meski bisa saja diabaikan, namun bunyi gesekan ini sangat mengganggu saat berkendara. Apalagi jika dibiarkan dalam waktu lama. Bisa saja memicu kerusakan pada komponen mobil.

    Pemicu Bunyi Gesekan Pada Roda Depan Mobil

    Ada beberapa penyebab gesekan roda depan mobil. Maka dari itu, harus segera dilakukan pemeriksaan pada komponen berikut ini:

            1. Karet Support Shock Breaker

    Komponen pertama yang harus diperiksa yakni shock breaker. Sebab, fungsi dari komponen ini adalah untuk meredam goncangan pada mobil. Sehingga saat melaju, mobil akan tetap stabil.

    Nah pada bagian shock breaker, terdapat karet support yang menyambung dengan bagian body mobil. Saat karet ini mengalami kerusakan, yang terjadi adalah gesekan antara karet dengan body mobil.

    Gesekan ini akan semakin terasa apabila Anda sedang berkendara di jalan yang rusak dan bergelombang. Di kondisi tertentu, gesekan bisa disertai dengan suara benturan yang cukup keras.

            2. Shock Absorber

    Apabila pemeriksaan shock breaker telah dilakukan dan tak ada masalah, komponen berikutnya yang harus dicek adalah shock absorber. Sebenarnya fungsinya hampir mirip, yakni mengurangi guncangan berlebihan pada mobil.

    Bentuk dari shock absorber ini seperti tabung, yang memuat cairan di dalamnya. Nah, apabila shock absorber ini rusak, maka cairan akan tumpah dan mengalir ke bagian piston. Inilah yang memunculkan bunyi dan penyebab gesekan roda depan mobil. 

    Sebab, ketika mobil sedang dipakai, ada gesekan dari piston dengan dasar tabung shock absorber. Cairan yang seharusnya berfungsi untuk menahan tekanan efek suspensi, jadi tidak berfungsi.

            3. Bushing Lower dan Upper Arm

    Komponen berikutnya yang harus dicek fungsinya jika terdengar bunyi pada roda depan mobil adalah bushing lower arm dan bushing upper arm. Mari dibahas satu persatu.

    • Bushing Lower Arm

    Bushing lower arm memiliki fungsi untuk menahan getaran pada ban juga mesin mobil. Untuk itu, ada 4 buat bushing yang diletakkan pada bagian depan mobil.

    Bentuk dari komponen ini seperti botol yang dilengkapi dengan pipa dari besi di sisi atas dan bawah. Apabila mengalami kerusakan, maka akan terdengar bunyi gesekan.