Berita

    Ini Pentingnya Memahami Bagian-Bagian Bawah Mobil

    Pada bagian bawah mobil terdapat beberapa komponen yang tak kalah pentingnya dengan bagian luar dan interior. Komponen-komponen tersebut ikut berperan dalam menjaga performa sekaligus keamanan kendaraan.

    Sayangnya, kehadiran komponen yang ada di bagian bawah kendaraan ini kerap terabaikan. Apa saja nama dan fungsi semua komponen yang ada di bawah mobil tersebut? Berikut informasinya!

    Begini Fungsi Komponen Bagian Bawah Mobil yang Penting untuk Dipahami 

    Dalam satu unit mobil terdapat berbagai macam komponen yang berfungsi untuk mengatur kinerja mobil. Berikut nama komponen yang ada pada bawah mobil dan fungsinya:

    • Sistem Kemudi

    Di bawah mobil terdapat sistem kemudi yang saling terhubung dan berfungsi untuk mengontrol arah kendaraan. Di bagian ini terdapat beberapa komponen seperti kolom kemudi, roda kemudi, rack & pinion, dan lain sebagainya. 

    Sistem kemudi yang berfungsi dengan baik merupakan kunci agar bisa mengendalikan mobil secara presisi dan responsif. 

    Dengan memahami mekanisme pada sistem kemudi Anda bisa meminimalisir terjadinya kebocoran pada sistem hidrolik serta keausan di komponennya. 

    • Knalpot 

    Komponen kedua adalah knalpot yang bertugas untuk mengeluarkan gas buang dari mesin. Komponen ini berfungsi untuk mengurangi kebisingan sekaligus mengatur tekanan gas buang. 

    Perannya juga penting dalam pengendalian emisi gas buang. Ini artinya, knalpot ikut berkontribusi dalam menjaga kualitas lingkungan dan udara sekitar. 

    Itu sebabnya Anda harus memahami kondisi knalpot sehingga bisa mencegah adanya kebocoran gas buang dari mesin yang berbahaya, kerusakan pada mesin, atau adanya penurunan terhadap efisiensi bahan bakar. 

    • Transmisi 

    Komponen ketiga adalah transmisi, merupakan bagian dari mobil yang terhubung dengan mesin berbentuk tuas atau kopling. Terdapat dua jenis transmisi pada mobil yaitu transmisi manual dan otomatis. 

    Fungsi dari transmisi adalah untuk mengatur kecepatan mesin mobil melalui kopling. Jadi, komponen ini akan mengubah torsi menjadi gerakan dan ditujukan ke roda kendaraan. 

    Dengan begitu, transmisi ikut berperan dalam pengoperasian kendaraan dan bisa memengaruhi efisiensi bahan bakar, performa kendaraan, dan kenyamanan dalam mengemudi.

    • Sistem Rem 

    Merupakan salah satu komponen dari bagian bawah mobil yang berperan penting dalam hal keamanan. Sistem rem ini terdiri dari cakram, kaliper, kampas rem, dan drum. 

    komponen rem mobil

    Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan yang terlalu tinggi secara aman dan efisien. 

    Dengan memahami sistem rem ini Anda akan terhindar dari risiko kecelakaan saat berkendara akibat kondisi rem yang aus.  

    • Suspensi 

    Komponen berikutnya adalah sistem suspensi (shockbreaker) yang terdiri dari per, pegas, peredam kejut, dan lain sebagainya. Letaknya berada di antara bodi rangka mobil dan roda. 

    Terdapat dua tipe sistem suspensi yaitu tipe independent (bebas) dan tipe rigid. Untuk tipe independent dipatok dengan harga yang cukup mahal karena memiliki konstruksi yang rumit. 

    Mobil yang memiliki suspensi tipe independent produk mobilnya bisa bergerak bebas karena tidak terhubung dengan axle. Tipe ini bisa ditemukan pada mobil keluaran terbaru. 

    Sebaliknya, pada tipe kedua yaitu rigid, roda tidak bisa bergerak dengan bebas karena axle terhubung dengan frame pegas dan bodi mobil secara langsung. 

    Tugas komponen ini adalah untuk menyerap goncangan saat mobil melaju sekaligus menjaga stabilitas kendaraan. 

    Mobil dengan sistem suspensi yang baik akan membuat perjalanan selama berkendara terasa nyaman dan aman serta minim goncangan saat melewati jalan yang berlubang, tanjakan, atau jalan yang tidak rata. 

    Sebaliknya, jika sistem suspensi kualitasnya buruk, maka mobil akan terasa limbung dan terdengar suara bising, terutama ketika dipacu dengan kecepatan tinggi. 

    Itulah berbagai komponen yang ada pada bagian bawah mobil yang perlu Anda pelajari dan pahami agar kenyamanan saat berkendara tetap terjaga.