Berita

    Cara Membuka Kap Mesin Mobil yang Benar bagi Pemula

    Banyak pemilik mobil yang belum memahami cara membuka kap mesin mobil dengan benar. Padahal sebenarnya, penting sekali mengetahui cara membuka kap mesin ini merupakan pengetahuan dasar yang penting untuk melakukan pemeriksaan mobil.

    Dengan pemahaman yang tepat, kita dapat menghindari kerusakan pada kap mesin dan melakukan pemeriksaan yang diperlukan dengan aman.

    Cara yang Tepat Membuka Kap Mesin Mobil

    Seperti yang dijelaskan di atas, kap mesin merupakan tempat komponen mesin diletakan, seperti radiator, wiper, oli mesin, dan lain-lain.

    Karena itulah, penting sekali untuk membuka kap dengan cara yang tepat agar tidak merusak komponen di dalamnya. Berikut adalah langkah-langkah yang benar untuk membuka kap mesin.

    • Mesin Mobil dalam Kondisi Mati

    Untuk menjaga keamanan, disarankan untuk mematikan mesin mobil sebelum membuka kap mesin. Namun, jika tidak ada keadaan darurat, diperbolehkan untuk menjaga mesin tetap menyala saat membuka kap mesin.

    Pastikan transmisi berada dalam posisi netral atau kopling dalam keadaan terlepas agar mobil tidak bergerak saat kap mesin terbuka.

    • Tarik Rem Tangan

    Untuk meningkatkan keamanan, tarik rem tangan untuk memastikan mobil tetap berada di posisi diam saat melakukan pengecekan kondisi mesin. Sangat berbahaya jika mobil tiba-tiba bergeser saat sedang melakukan pengecekan.

    Selain itu, penting untuk melakukan pengecekan di jalanan dengan permukaan yang datar untuk memastikan kestabilan dan keselamatan selama proses pengecekan.

    • Tarik Tuas Penarik Kap

    Cara membuka kap mesin mobil adalah dengan menarik tuas yang ada. Tuas ini berfungsi untuk membuka pengunci pertama pada kap mesin. Tuas ini biasanya terletak di bawah dasbor sebelah kanan atau di bawah jok pengemudi.

    Namun, ada beberapa mobil Eropa tua yang menempatkan tuas kap mesin di bawah dashboard penumpang depan. Bentuk tuas ini bervariasi, baik bulat maupun kotak.

    Untuk memudahkan pengenalan, produsen mobil biasanya juga menandai gambar kap mesin pada tuas tersebut. Selanjutnya, tarik tuas tersebut sampai terdengar bunyi "klik" di bagian depan kap mesin.

    • Tarik Pengunci 2 Kap Mesin

    Jika pengunci pertama pada kap mesin sudah dibuka, selanjutnya adalah cara untuk membuka pengunci kedua pada kap mesin. Penting untuk diketahui bahwa kap mesin dilengkapi dengan dua sistem penguncian.