Berita

    Simak Penyebab Mobil Limbung & Cara Mengatasinya

    Ketika berbelok dengan cukup kencang, rasanya mobil limbung  dan badan Anda terlempar ke arah sebaliknya. Kondisi bisa membahayakan karena lepas kendali sedikit, mobil bisa terguling.

    Mobil limbung atau biasa disebut dengan body roll, sebenarnya bisa terjadi karena  gaya sentrifugal. Di mana ketika mobil menikung dengan tajam, sisi terluar dari mobil akan terangkat dan terlempar ke sisi sebaliknya. 

    Penyebab Mobil Limbung

    Mobil oleng bisa diketahui apa penyebabnya. Dengan mengetahui faktor penyebab mobil dapat limbung, Anda bisa mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Simak penyebab mobil limbung dan cara mengatasinya:

    • Tinggi Kendaraan

    Mobil dengan body yang tinggi berpeluang besar mengalami limbung saat bermanuver. Seperti jenis mobil MPV, SUV, termasuk minibus. 

    Anda juga mungkin pernah melihat bus atau truk yang oleng karena bawaannya yang melebihi batasan muatan.

    Itulah mengapa mobil pembalap F1 didesain rendah. Supaya para pembalap bisa bermanuver di lingkungan yang tajam.

    • Ban Mobil Kurang Angin

    Saat ban mobil kurang angin pengendara pasti merasakan badan mobil oleng ke kanan ataupun ke kiri. Hal ini bisa membuat mobil tidak seimbang. 

    Maka dari itu ketika berpergian pastikan untuk mengontrol dulu kendaraan. Lakukanlah secara rutin dan berkala.

    • Suspensi Terlalu Empuk

    Suspensi pada mobil berfungsi untuk meredam guncangan atau getaran saat mobil melaju. Sehingga pengendara dan penumpang bisa berada di mobil dengan nyaman. Selain itu, suspense juga berguna untuk menyeimbangkan bodi mobil.

    Saat mobil limbung suspense akan membantu mobil tetap aman. Namun ketika gaya dari  mobil lebih besar dari kemampuan suspense mobil menyerap gaya, maka mobil tetap bisa oleng. 

    Atau bisa juga karena faktor usia di mana suspensi sudah cukup lemah sehingga tidak bisa meredam kecepatan mobil.

    Cara Mengatasi Mobil Limbung

    Mobil limbung bisa sangat membahayakan jika pengendara menghiraukan kondisi mobil oleh. Seolah berpikir mobil akan tetap menapaki jalan. Padahal gaya sentrifugal yang terlalu besar bisa  membuat mobil terbalik dan terguling-guling. 

    Maka penting bagi pengendara mobil untuk mengetahui apa itu body roll  pada mobil serta penyebabnya. Kini setelah mengetahui penyebab mobil dapat limbung, simak juga cara mengatasi ketika di jalan raya, supaya keselamatanmu terjaga.

    • Menjaga Kecepatan Saat Berbelok