Berita

    Simak! Ini Dia Fungsi Lampu Kota Pada Mobil

    Pernah membayangkan lampu tidak menyala ketika Anda berkendara? Pasti Anda akan merasa sangat kewalahan. Setiap kendaraan, terutama mobil pasti dilengkapi dengan lampu. Ada beberapa lampu yang memang sangat penting, salah satunya adalah lampu kota. Apa fungsi dari lampu kota ini? Simak penjelasannya berikut ini.

    Masing-masing kendaraan memiliki berbagai jenis lampu yang memiliki fungsi utama untuk menerangi perjalanan. Sebagai pengemudi, Anda wajib tahu tentang jenis lampu ini karena lampu kota menjadi bagian yang vital dari mobil Anda. Ternyata banyak orang yang belum mengetahui tentang fungsi dari lampu kota ini. Banyak ditemui pengemudi yang tidak menyalakan lampu, padahal seharusnya hal ini wajib dilakukan.

    Mengenal Tentang Lampu Kota

    Apa perbedaan lampu kota dengan lampu yang lain, dan apa fungsinya? Lampu kota juga sering disebut sebagai clearance light atau lampu senja. Mengapa dinamai demikian karena biasanya hanya dinyalakan pada saat mendekati senja.

    Untuk posisinya, biasanya ada di bagian depan mobil atau belakang. Sesuai dengan namanya, lampu ini hanya dinyalakan saat dibutuhkan dan biasanya saat gelap. Lampu ini juga berfungsi sebagai tail light karena bisa memberitahukan jarak kendaraan.

    Fungsi Lampu Kota

    Beberapa fungsi dari lampu kota tadi telah disebutkan. Nah, kini saatnya membahas tentang fungsi lampu kota secara lebih mendetail agar Anda jadi lebih tahu kapan dan bagaimana harus digunakan.

            1. Digunakan Untuk Memberitahukan Lebar Kendaraan

    Lampu kota akan sangat membantu ketika Anda ingin mengetahui seberapa lebar dan panjang sebuah kendaraan, misal bila Anda ingin mengetahui truk dan bus. Lampu kota ini sangat dibutuhkan sebagai pertimbangan ketika kendaraan Anda ingin menyalip kendaraan yang ada didepan. Ini bisa mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

            2. Mengetahui Posisi Kendaraan

    Saat berada di jalan raya, pasti Anda akan dihadapkan dengan 2 atau bahkan 3 ruas jalan. Saat cuaca mendukung, tentu ini tidak akan menjadi masalah. Namun bila cuaca buruk, peran lampu kota ini menjadi sangat penting.

    Dengan lampu kota, Anda bisa melihat posisi kendaraan lain dan menjaga jarak aman. Kalau Anda merasa jarak pandang terbatas, maka sebaiknya nyalakan lampu kota ini agar paham posisi kendaraan di lajur kanan kiri dan lawan arah.

            3. Memantau Arah Kendaraan