Berita

    Pasti Ampuh , Ini Cara Menghemat BBM di Masa Pandemi

    Di masa pandemi ini mungkin menyebabkan beberapa penurunan ekonomi bagi beberapa individu tertentu. Sementara itu, kendaraan bermotor akan tetap terus digunakan untuk bepergian. Maka dari itu, artikel ini akan menjelaskan cara menghemat BBM.

    Cara menghemat BBM

    1. Cobalah untuk mengisi BBM di Pagi Hari

    Suhu dingin dipercaya membuat BBM yang ada di penyimpanan bawah tanah menjadi lebih padat. Maka dari itu, cobalah untuk mengisi BBM di pagi hari saat suhu masih dingin. Jika suhu mulai panas, BBM akan mengembang dan menyebabkan pengisian bahan bakar berjumlah sedikit.

    2. Parkir di Tempat yang Dingin

    Tidak berbeda jauh dari teori mengisi bensin sebelumnya, memarkir kendaraan di tempat yang sejuk membuat BBM tidak mudah menguap. Cobalah cari tempat parkir yang ada di bawah pohon jika area parkir merupakan tempat yang terbuka.

    3. Pilih BBM yang Mempunyai Oktan yang Tinggi

    BBM mengandung oktan di dalamnya. Kondisi oktan yang tinggi membuat pembakaran menjadi lebih baik. Meskipun harganya lebih mahal, kendaraan yang menggunakan BBM beroktan tinggi tersebut mampu melakukan pembakaran dengan hanya memakan sedikit BBM saja.

    4. Pastikan Angin pada Ban dalam Kondisi Baik

    Kondisi angin yang baik pada ban juga berpengaruh dalam menghemat BBM. Hal ini dikarenakan mobil dapat melaju dengan cepat dan ringan. Keadaan ini membuat kendaraan tidak perlu menghabiskan banyak BBM untuk menggerakkan kendaraan.

    5. Pastikan Berapa Beban Maksimal yang Mampu Dibawa

    Sama seperti ban tadi, kendaraan yang membawa sedikit beban membuatnya menjadi ringan  dan lebih mudah untuk digerakkan. Anda disini harus mengetahui secara pasti beban maksimal kendaraan sehingga tidak membawa beban melebihi kemampuan dan mampu menghemat BBM.

    6. Pergunakan AC secara Efektif

    AC dalam mobil digerakkan oleh mesin yang tentunya membutuhkan BBM. Berdasarkan hal tersebut, BBM dapat dihemat jika AC dimatikan. Ini tergantung Anda, jika tahan, sesekali matikan AC di dalam mobil.

    Pada mobil yang baru, penggunaan AC sebenarnya tidak secara signifikan terjadi pemborosan pada penggunaan BBM. Maka dari itu, tidak apa-apa terus menggunakan AC. Hal yang perlu diingat adalah hindari menggunakan angin dari luar mobil karena dapat memperlambat mobil.

    7. Mempertahankan Kelajuan Mobil 

    Saat berkendara, ada baiknya Anda menjaga kestabilan mobil saat melaju. Mesin akan membakar banyak BBM saat anda menambah kecepatan mesin. Kalau pun harus mempercepat mobil, lakukan secara perlahan untuk menghemat penggunaan BBM.