Berita

    Lakukan Pengecekan Sabuk Pengaman Sebelum Anda Berkendara, Ini Dia Tips nya

    Sudahkah Anda cek sabuk pengaman secara teratur? Seberapa sering Anda memeriksa sabuk pengaman Anda? Mingguan? Bulanan? Setelah melakukan perjalanan panjang? Atau bahkan tidak pernah sama sekali? 

    Tahukah Anda, menurut data kepolisian di Indonesia, setiap jam ada 3 orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas. Banyak faktor yang menjadi penyebab, salah satunya yaitu sabuk pengaman, entah karena pengemudi atau penumpang tidak memakai sabuk pengaman, atau kegagalan fungsi dari sabuk pengaman yang dipakai.

    Sebelum Anda mengalami hal yang tidak diinginkan, ada baiknya mulai saat ini Anda selalu memperhatikan setiap detail yang ada pada kendaraan Anda, salah satunya sabuk pengaman.

    Berikut ini 5 cara esensial yang dapat Anda lakukan untuk cek sabuk pengaman di mobil Anda.

    • Tali Sabuk Pengaman 

    Periksa tali sabuk pengaman Anda, pastikan anyaman tali tidak ada yang sobek, terpotong, berlubang atau terurai. Hal ini dapat mengurangi keefektifan sabuk pengaman Anda

    • Gesper 

    Cari tanda-tanda yang menunjukkan kerusakan. Kencangkan sabuk pengaman dan tarik untuk memastikan keamanannya. Periksa kepala sabuk apakah bisa mengait dengan kencang atau tidak.

    • Retraksi

    Fungsi retraksi pada sabuk pengaman harus bersifat mulus, apabila adanya kelambatan atau penundaan yang terlihat pada kecepatan retraksi atau gerakan menyentak kembali ke posisi normal, dapat diindikasikan adanya masalah pada sabuk pengaman Anda.

    Cobalah Anda tarik sabuk pengaman secara tiba-tiba dan cepat, retraktor akan mengunci jika sabuk pengaman bekerja dengan benar.

    • Adjuster (Penyetel Sabuk Pengaman)

    Penyetel sabuk pengaman harus berada lebih tinggi dari bahu penumpang untuk memastikan penumpang mendapatkan keamanan maksimum.

    Untuk penumpang dengan tinggi lebih dari 135 cm, maka penggeser harus berada di atas kursi. Sementara untuk penumpang yang lebih kecil, yang bahunya lebih rendah dari bagian atas kursi ketika duduk tegak, penggeser dapat disesuaikan ke posisi bawah sehingga berada di tengah bahu.

    • Posisi Tali 

    Pastikan tali sabuk pengaman tidak ada yang terpuntir. Hal ini akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut apabila mengalami benturan, karena sabuk mengambil semua tekanan di area yang terpuntir. 

    Tes tambahan yang dapat Anda gunakan ialah menggunakan Scanner OBD. Ketika Anda menggunakan scanner OBD maka sensor pada mobil akan memberitahu Anda apakah sabuk pengaman tersebut dalam kondisi baik atau tidak.