Berita

    Ketahui Fungsi Sistem Bahan Bakar & Komponennya

    Tahukah Anda apa fungsi sistem bahan bakar? Agar mesin dalam mobil bisa menyala.  Dan sistem inilah yang menjadi bagian penting agar mobil bisa bisa berfungsi sebagai mestinya.

    Fungsi utama sistem yang sangat vital ini untuk menyimpan bahan bakar yang ada dalam mobil, lalu mengalirkannya ke mesin untuk penguapan bensin yang telah tercampur dengan udara.

    Dan beberapa fungsi sistem bahan bakar diantaranya adalah:

    • Untuk mengkombinasikan antara bensin dengan udara
    • Mengatomisasi bensin dan udara
    • Mengatur besarnya perbandingan pemakaian antara bensin dan udara dengan kecepatan.
    • Menyediakan bahan bakar yang sesuai berdasarkan kecepatan.

    Sistem bahan bakar konvensional

    Sementara jenis-jenis bahan bakar konvensional secara umum dibagi menjadi dua:

    • Sistem bahan bakar berupa bensin

    Sistem ini biasanya menggunakan karburator mekanik untuk menyediakan bahan bakar. Dan kemudian alirkan ke intake.

    Dan cara kerjanya bensin yang terdapat dalam sebuah tangka, dialirkan ke karburator. Karburator ini berfungsi untuk mengatur perbandingan jumlah bensin dan udara yang dibutuhkan oleh mesin. Lalu dialirkan oleh intake ke ruangan khusus bensin untuk proses pengapian di busi.

    • Sistem bahan bakar berupa diesel

    Sedangkan untuk sistem diesel memakai bantuan pompa. Apa fungsi sistem bahan bakar ini untuk mengatur seberapa besar pemakain bahan bakar yang diperlukan ke injektor. 

    Dan cara kerja sistem diesel ini adalah bahan bakar yang ada di tangka kemudian dipompa ke injektor. Kemudian terjadi pembakaran secara kompresi di dalam mesin.

    Dan untuk perawatan secara umum sistem bahan bakar konvensional baik berupa bensin maupun diesel yaitu dengan membersihkan dan mengganti karburator secara berkala.

    Komponen sistem bahan bakar

    Secara umum berdasarkan fungsinya, sistem bahan bakar terbagi menjadi 5 diantaranya adalah:

    • Fuel Filter

    Salah satu komponen bahan bakar adalah fuel filter. Komponen ini berada di antara fuel tank dan karburator. Fuel filter ini juga memiliki waktu pakai yang wajib diganti secara berkala. 

    Fungsinya untuk menyaring berbagai kotoran yang ada dalam bensin yang berasal dari fuel tank yang akan menuju ke karburator. Selain itu, fuel filter juga bisa memfilter air yang ada dalam bensin.

    • Fuel Pump