Berita

    Ketahui Cara Membuka Tutup Bensin Mobil, Hal Sepele Belum Banyak yang Tahu

    Ketika Anda ingin mengisi bensin mobil tentu langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membuka tutup bensin mobil. Namun ternyata masih banyak yang bingung bagaimana cara membuka penutup tangki bensin. 

    Hal tersebut wajar saja sebab beberapa mobil memiliki cara membuka kap penutup bensin yang berbeda beda. Agar Anda tidak kebingungan ketika akan mengisi bensin di SPBU, yuk ketahui berbagai cara membuka tutup bensin mobil berikut ini.

            1. Memakai Tuas

    Cara membuka kap yang pertama adalah dengan memakai tuas. Jika mobil yang Anda pakai tidak terdapat lubang kunci di bagian permukaan kap mungkin Anda akan bingung bagaimana cara membukanya. Untuk membukanya Anda perlu mencari tuas dengan logo SPBU di dalam mobil.

    Letak tuas pembuka penutup bensin biasanya terletak di bawah samping kanan kursi kemudi atau di samping dashboard mobil. Untuk tuas di bawah kursi kemudi biasanya tertutup cover sehingga Anda perlu sedikit mengangkat cover jok untuk menemukan tuas. 

    Cara membuka penutup dengan tuas mudah sekali cukup tari tuas sekali dan kap akan terbuka dengan sendirinya. Setelah itu putar penutup bensin dan tutup kembali setelah mengisi bensin. 

            2. Memakai Tombol 

    Selain menarik tuas, teknologi yang semakin canggih juga memudahkan Anda membuka tutup tangki bensin dengan cukup menekan tombol berlogo SPBU saja. Letak tombol ini biasanya berada di samping dashboard mobil. 

    Jika Anda ingin mengisi bensin, Anda cukup menekan tombol tersebut dan tutup tangki bensin akan terbuka dengan sendirinya. Dengan cara ini Anda tidak perlu turun dari mobil setiap mengisi bensin. 

            3. Menekan Kap

    Selain menekan tombol khusus, ada beberapa jenis mobil seperti porsche yang membuka tutup tangki bensin tanpa tuas ataupun kunci. Untuk mobil sejenis ini cara membuka tutup tangki bensinnya adalah dengan menekan kap tangki mobil saja. 

    Caranya yaitu pengemudi harus mematikan mobil dan mencabut kunci tersebih dahulu sebelum menekan kap penutup bensin. Setelah menon aktifkan central lock, Anda tinggal menekan kap bensin dan tutup akan terbuka. 

    Perlu diingat pengemudi harus mematikan mobil jika akan membuka kap. Apabila mobil dalam keadaan hidup maka kap tidak akan terbuka. Cara ini merupakan cara paling modern dan biasanya ada pada mobil buatan Eropa.