Berita

    Kenali Penyebab Mobil Limbung & Cara Mengatasinya

    Pernahkah Anda merasakan mobil limbung ketika melewati tikungan di perjalanan? Jika Anda sering mengalaminya maka Anda harus segera mengecek mobil Anda karena kondisi tersebut dapat membahayakan. 

    Mobil yang limbung dapat menyebabkan mobil terguling atau kecelakaan. Lalu, apa penyebab mobil mengalami body roll atau limbung? Berikut ulasannya.

    Penyebab Mobil Limbung di Perjalanan

    Ketika mobil dengan kecepatan tinggi berbelok ke arah kiri maka mobil bisa mengalami body roll atau limbung dan Anda akan merasa seperti terlempar ke arah sebaliknya. Hal tersebut terjadi karena gaya sentrifugal. Kejadian tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya yaitu

            1. Body Mobil Tinggi

    Kendaraan yang memiliki body mobil yang tinggi seperti truk, SUV, MPV maupun minibus lebih beresiko mengalami limbung dibanding mobil yang rendah seperti sedan. Namun tidak menutup kemungkinan body roll juga terjadi pada mobil sedan. 

    Semakin tinggi body suatu kendaraan maka gaya dorong yang diterima ketika berbelok akan semakin besar sehingga kemungkinan mobil terguling pun juga semakin besar. 

            2. Masalah pada Suspensi

    Semakin tinggi kecepatan mobil ketika Anda berbelok di tikungan, maka semakin besar pula gaya sentrifugal mendorong Anda keluar dari tikungan. Akibatnya mobil Anda bisa berguling. Gaya dorong tersebut sebenarnya dapat diserap oleh suspensi pada mobil.

    Namun apabila ternyata gaya yang tercipta dari proses berbelok lebih besar daripada daya serap suspensi maka mobil bisa terguling. Jika mobil mengalami body roll bisa jadi karet bushing suspensi sudah ringan atau aus.

    Karet suspensi yang sudah aus atau ringan bisa mendorong gaya dan menjadikan sudut kemudi menjadi tidak stabil sehingga mobil bisa limbung. Untuk mengatasinya Anda bisa rutin mengecek karet suspensi mobil Anda.

    Selain itu, komponen shorb absorber yang melemah juga bisa menjadikan mobil sulit untuk meminimalisir gerakan osilasi dan akibatnya timbul getaran yang dapat menyebabkan mobil limbung. 

            3. Kecepatan Mobil Terlalu Tinggi

    Gaya sentrifugal hanya timbul jika Anda melewati tikungan dengan kecepatan tinggi sebab kecepatan tersebut dapat meningkatkan gaya dorong. Sebaliknya jika Anda berbelok dengan kecepatan rendah atau sedang maka Anda tidak merasa limbung.