Berita

    Jangan Panik! Berikut Memperbaiki Kunci Mobil yang Tidak Bisa Diputar

    Reaksi pertama yang umum terjadi ketika kunci mobil tidak bisa diputar adalah panik. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari jenis kendaraan hingga situasi yang menyebabkan kunci tidak mau diputar. 

    Cara mengatasi kunci mobil yang sulit diputar tersebut tidak bisa dilakukan secara asal, melainkan disesuaikan dengan penyebabnya. Jika dipaksa, hanya akan memperparah keadaan dan bahkan bisa mengakibatkan anak kunci menjadi patah. 

    Apa saja yang membuat kunci mobil tersebut tidak bisa diputar dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasannya. 

    5 Penyebab Kunci Mobil Tidak Bisa Diputar dan Cara Memperbaikinya 

    Hal yang kerap membuat panik pemilik mobil konvensional adalah ketika tiba-tiba kunci kontak pada mobil tidak mau diputar. Biasanya, hal ini terjadi karena posisinya yang tidak sesuai, anak kunci yang bengkok, dan lain sebagainya. 

    Untuk lebih jelasnya, berikut ini berbagai penyebab dan cara mengatasi kunci kontak mobil yang tidak bisa diputar. 

    • Posisi Kunci Salah

    Penyebab pertama kunci mobil tidak bisa diputar adalah posisi selongsong kunci yang tidak tepat dalam keadaan terkunci, atau karena per pada lubang kunci rusak. Hal ini menyebabkan anak kunci tidak bisa diputar saat dimasukkan ke lubang kunci. 

    Untuk mengatasi hal ini, perhatikan posisi anak kunci dan usahakan saat memasukkan ke lubang kunci dalam posisi tegak. 

    • Anak Kunci Bengkok

    Penyebab yang kedua adalah kondisi fisik anak kunci yang tidak layak atau terlihat bengkok. Ini kerap terjadi pada pemilik kendaraan yang tidak berhati-hati saat menggunakannya. 

    Jika anak kunci terlanjur bengkok, Anda harus segera mendatangi bengkel resmi terdekat untuk memesan kunci yang baru. Ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kerusakan berkelanjutan seperti anak kunci yang patah saat diputar dengan paksa.

    • Transmisi Otomatis Tidak di Posisi P

    Salah satu penyebab yang membuat kunci mobil tidak bisa diputar pada kendaraan otomatis adalah transmisi yang tidak berada di posisi P.  

    Ternyata, di beberapa kendaraan memang sengaja memposisikan persneling di N atau posisi lain demi keamanan. Situasi inilah yang kerap terlupakan, terutama ketika Anda sedang terburu-buru. 

    Oleh karena itu, pada saat kunci mobil bertransmisi otomatis tidak bisa diputar, perhatikan terlebih dahulu posisi persneling. Jika berada di posisi N atau posisi lain, Anda hanya perlu memindahkannya ke posisi P.  

    • Lubang Anak Kunci Kering