Berita

    Awas! Jangan Sampai Salah Membaca Indikator Pada Mobil

    Setiap mobil pasti memiliki permasalahannya masing-masing. Guna memudahkan pemilik mobil mengenali masalah atau fitur yang digunakan pada kendaraan, pabrikan mobil sudah memberikan beragam indikator pada dashboard kendaraan.

    Masing-masing masalah atau kerusakan yang ditampilkan pada dashboard melalui indikator berbeda. Dengan demikian pemilik kendaraan bisa segera mendapatkan informasi yang jelas mengenai jenis kerusakan atau fitur yang sedang bekerja.

    Tak hanya itu, indikator juga berfungsi untuk memberi peringatan pada pengendara bahwa ada hal-hal yang belum dilakukan. Mulai dari belum menggunakan sabuk pengaman maupun adanya pintu yang kurang rapat. Tentunya semakin banyak indikator kendaraan yang bisa ditampilkan menunjukkan semakin tinggi pula teknologi yang ada pada kendaraan tersebut.

    Dan berikut adalah beberapa indikator yang harus dikenali oleh pemilik kendaraan

    1. Indikator Temperatur

    Indikator Temperatur berfungsi untuk mengingatkan suhu mesin yang terlalu panas dari kondisi seharusnya. Pastikan untuk lebih berhati-hati bila indikator ini menyala karena potensi mobil mengalami kerusakan parah hingga mogok cukup besar.

    Guna menghindari kondisi tersebut, segera tepikan kendaraan dan matikan mobil. Jangan lupa untuk mematikan seluruh fitur mobil, seperti AC, radio dan sebagainya sebelum mematikan mesin mobil. Tak ada salahnya untuk memeriksa mesin mobil dan melakukan perbaikan sendiri. Bila tidak memiliki kemampuan tersebut maka sebaiknya segera hubungi bengkel terdekat.

          2. Indikator Tekanan Oli

    Oli memiliki fungsi yang sangat penting pada mesin mobil dan sangat berbahaya bila terjadi kerusakan pada bagian tersebut. Untuk itu, pabrikan mobil telah memberikan indikator tekanan oli untuk memberi peringatan pada pemilik kendaraan agar melakukan pemeriksaan.

    Umumnya bila indikator tekanan oli menyala artinya jumlah oli didalam mesin telah berkurang. Untuk mengatasinya, cukup tambahkan oli yang spesifikasinya sama dengan yang sudah ada di dalam mesin.

           3. Indikator Check Engine

    Bila Indikator check engine menyala maka artinya ada masalah pada bagian mesin. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan indikator ini menyala mulai dari penutup bensin kurang rapat atau salah satu komponen mesin yang rusak.

          4. Indikator Tekanan Ban

    Meski sangat penting, indikator tekanan ban sebenarnya tidak terlalu banyak dimiliki oleh mobil-mobil di Indonesia. Bila indikator tekanan ban menyala artinya ada ban yang kemungkinan kekurangan tekanan. Untuk mengatasinya adalah dengan menambah angin.